Organisasi

BTKL PP Palembang merupakan Unit Pelaksana Teknis Eselon III di lingkungan Kementerian Kesehatan. Berdasarkan Permenkes RI Nomor 2349/MENKES/PER/XI/2011 mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari satu Kepala Balai, satu Sub Bagian Tata Usaha, dan tiga Seksi. Selain Struktural BTKLPP dilengkapi dengan sepuluh Instalasi, dan kelompok jabatan fungsional. Adapun bagan organisasinya sebagai berikut :

  1. Subbagian Tata Usaha
  2. Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan penyusunan program, pengelolaan informasi, evaluasi dan laporan, keuangan, kepegawaian, urusan tata usaha, perlengkapan dan rumah tangga.


  3. Seksi Surveilans Epidemiologi
  4. Seksi Surveilans Epidemiologi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, evaluasi dan koordinasi pelaksanaan surveilans epidemiologi penyakit menular dan tidak menular, advokasi dan fasilitasi kesiapsiagaan dan penanggulangan KLB, kajian, dan diseminasi informasi, kesehatan lingkungan, kesehatan matra, kemitraan dan jejaring kerja, serta pendidikan dan pelatihan bidang surveilans epidemiologi.


  5. Seksi Pengembangan Teknologi dan Laboratorium
  6. Seksi Pengembangan Teknologi dan Laboratorium mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, evaluasi dan koordinasi pelaksanaan penapisan teknologi dan laboratorium, kemitraan dan jejaring kerja, kesehatan lingkungan, kesehatan matra serta pendidikan dan pelatihan bidang teknologi dan laboratorium pengendalian penyakit, kesehatan lingkungan, dan kesehatan matra.


  7. Seksi Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan
  8. Seksi Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perencanaan, evaluasi dan koordinasi pelaksanaan analisis dampak lingkungan fisik dan kimia, serta dampak lingkungan biologi, serta pendidikan dan pelatihan di bidang pengendalian penyakit, kesehatan lingkungan, dan kesehatan matra.


  9. Instalasi
  10. Instalasi merupakan fasilitas penunjang penyelenggaraan pelayanan laboratorium klinik dan laboratorium kesehatan masyarakat serta penunjang administrasi. Instalasi dipimpin oleh seorang Kepala sebagai jabatan nonstruktural yang mempunyai tugas mengkoordinasikan dan bertanggungjawab pada penyelenggaraan kegiatan dan fasilitas pelayanan pada instalasi.

    Jenis instalasi disesuaikan dengan kebutuhan dan pengembangan pelayanan. Jumlah dan jenis instalasi yang ditetapkan oleh Kepala BTKLPP dan telah mendapat persetujuan tertulis dari Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan sampai saat ini ada 10 (sepuluh) Instalasi. Instalasi-instalasi tersebut adalah:

    1. Instalasi Lab. Kimia;
    2. Instalasi Lab. Biologi;
    3. Instalasi Lab. Kimia Udara;
    4. Instalasi Lab. Entomologi dan Pengendalian Vektor;
    5. Instalasi Media Reagensia;
    6. Instalasi Pemeliharaan Alat, Kendali Mutu dan Kalibrasi;
    7. Instalasi Teknologi Tepat Guna;
    8. Instalasi Pengendalian Penyakit Menular;
    9. Instalasi Pengendalian Penyakit Tidak menular;
    10. Instalasi Pelayanan Teknologi.

  11. Jabatan Fungsional
  12. Kelompok Jabatan Fungsional terdiri dari sejumlah Tenaga Fungsional yang terbagi atas berbagai kelompok jabatan fungsional sesuai dengan bidang keahliannya. Masing-masing Kelompok Jabatan Fungsional dikoordinasikan oleh seorang tenaga fungsional senior yang ditunjuk oleh Kepala BTKL-PP.

    Jabatan Fungsional yang ada sampai saat ini terdiri dari 2 kelompok, yaitu Pranata Laboratorium berjumlah 15 orang dan 2 orang Sanitarian. Kelompok Jabatan Fungsional ini mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing.